ETIKA

     Etika adalah ilmu tentang baik buruk serta tentang hak dan kewjiban moral atau akhlak. Etika juga berarti suatu perbuatan yang resmi yang ditentukan menurut peraturan, namunjuga dapat berarti tindak tanduk yang baik, wajar dan sederhana yang memenuhi persyaratan masyarakat setempat.

Pada umumnya, orang mempunyai keinginan untuk dihormati dan dikenal orang sebagai orang penting. Apabila dalam suatu pertemuan atau perayaan kita dianggap oarng yang tiadak berarti, maka kita merasa amat kecewa, bahkan sakit hati. Dalam majalah, buku, atau film sering digambarkan wajah seseoarng dengan sebutan orang yang ramah, mudah bergaul, dan menghargai perasaan orang lain, dan sebagainya. Hal itu karena ia memahami dan mempergunakan etika dengan baik.

Perlu kita ingat bahwa keramahtamahan harus wajar, bukan bersifat sandiwara atau dibuat-buat. Keramahtamahan yang dibuat-buat tidak dapat berlangsung lama. Dalam pembicaraan yang panjang misalnya, keramahtamahan yang dibuat-buat ini dapat tiba-tiba hilang.

Dalam suatu pergaulan, kita perlu memperhatiakn orang lain. Apabila seseorang melakukan sesuatu yang berbeda dengan kebiasan kita sehari-hari, tidak perlu kita mencomoohkan atau menertawakan, meskipun menggelikan. MUngkin adat di tempat asal orang itu memang begitu. Kita mengenal pribahasa “Lain Ladang Lain Belalan Lain Lubuk Lain Ikannya”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: